Hakim, Usman (2013) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK BM TAMAN SISWA LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114282 Cover .pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
708114282 Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
708114282 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
708114282 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
708114282 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
708114282 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
708114282 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
708114282 BAB I.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
708114282 Bab V.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
708114282 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa dan kurangnya minat belajar siswa di dalam mengikuti pelajaran di sekolah. Hal ini bisa disebabkan adanya faktor dari guru serta kurangnya perhatian orang tua terhadap prestasi yang dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar terhadap prestasi belajar Siswa Di Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK BM Taman Siswa Lubuk Pakam. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Taman Siswa Lubuk Pakam dengan populasi seluruh kelas XII yang berjumlah 29 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil secara Total Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan angket. Instrumen yang digunakan untuk mengukur perhatian orang tua dan minat belajar siswa berupa angket dan untuk mengukur prestasi belajar siswa diperoleh dari DKN. Validitas diuji dengan menggunakan korelasi produc moment besarnya pengaruh antara variabel bebas (X) dengan variabel terikat (Y), digunakan rumus korelasi ganda. Dari perhitungan variabel perhatian orang tua (X1) terhadap prestasi belajar siswa (Y) diperoleh Fhitung = 17,85 sedangkan Ftabel = 4,21 pada taraf signifikan 95% dan α= 0,05, derajat kebebasan (dk) 1: 27 ternyata Fh >Ft (17,85 > 4,21). Dengan demikian hipotesis pertama dapat diterima yaitu pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa di Jurusan Administrasi Perkantoran di SMK BM Taman Siswa Lubuk Pakam. Dari perhitungan variabel minat belajar (X2)terhadap prestasi belajar siswa (Y) diperoleh Fhitung = 11,44 sedangkan Ftabel = 4,21 pada taraf signifikan 95% dan α= 0,05, derajat kebebasan (dk) 1: 27 ternyata Fh >Ft (11,44 > 4,21). Dengan demikian hipotesis kedua dapat diterima yaitu pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMK BM Taman Siswa Lubuk Pakam. Sedangkan hasil perhitungan variabel perhatian orang tua dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa diperoleh Fhitung = 11,87 sedangkan Ftabel = 3,37 pada taraf signifikan 95% dan α= 0,05, derajat kebebasan (dk) 1: 26 ternyata Fh >Ft (11,87 > 3,37). Dengan demikian Hipotesis ketiga dapat diterima yaitu pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMK BM Taman Siswa Lubuk Pakam. Selanjutnya, dari perhitungan diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,477, yang berarti 47,7% prestasi belajar siswa (Y) dipengaruhi oleh perhatian orang tua (X1) dan minat belajar siswa (X2) Kata kunci
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.307 1 Hak p |
Keywords: | Perhatian ;Orang Tua; Minat Belajar; Prestasi; Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 04 Jan 2017 04:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13288 |