Saragih, Rico Hendry Daniel (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN FOUNDATIONS-INTAKE INFORATION-REAL MEANING-EXPRESS YOUR KNOWLEDGE-USE AVAILABEL RESOURCE-PLAN OF ACTION (FIRE-UP) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMK BM TAMAN SISWA TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310133-COVER.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
708310133-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
708310133-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
708310133-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
708310133-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
708310133-BAB I.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
708310133-BAB V.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
708310133-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh Strategi Pembelajaran Foundations-Intake Inforation - Real Meaning-Express Your Knowledge - Use Availabel Resource-Plan Of Action (Fire-Up) terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X SMK BM Taman Siswa Tebing Tinggi T.A. 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X semester 1 yang berjumlah 50 orang yang terbagi atas 2 kelas. Sampel penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas X TN-1 sebagai kelas eksperimen dan X TN-2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 25 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik total sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Sebagai alat pengumpul data digunakan soal multiple choice yan dikutip dari buku paket dan buku uji kompetensi sehingga soal sudah dianggap baku. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas digunakan uji liliefors dan homogenitas data digunakan uji–F . Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari analisa data diperoleh skor rata-rata pre-test pada kelas eksperimen sebesar 41,200 dengan simpangan baku 10,436 dan pada kelas kontrol diperoleh sebesar 41,800 dengan simpangan baku = 8,646. Dan analisa data skor rata-rata post-test pada kelas eksperimen (pembelajaran dengan model Strategi Pembelajaran Foundations-Intake Inforation - Real Meaning-Express Your Knowledge - Use Availabel Resource-Plan Of Action (Fire-Up)) diperoleh sebesar = 81,000 dengan simpangan baku sebesar 8,660. Rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol (pembelajaran dengan model konvensional) sebesar 70,600 dengan simpangan baku = 8,206. Dari hasil analisis data dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata  = 0,05 diperoleh thitung = 4,359 sedangkan ttabel = 2,013. ternyata thitung >ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan pengujian hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yaitu ada pengaruh Strategi Pembelajaran Foundations-Intake Inforation - Real Meaning-Express Your Knowledge - Use Availabel Resource-Plan Of Action (Fire-Up) lebih baik dari hasil belajar Ekonomi siswa yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional pada Siswa Kelas X SMK BM Taman Siswa Tebing Tinggi T.A. 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 Sar p |
Keywords: | Pembelajaran; Fire UP; Strategi; Belajar; Ekonomi; Minat; Kemampuan Berpikir |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB3711 Business cycles. Economic fluctuations L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 04 Nov 2016 02:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13266 |