HUBUNGAN KOMPETENSI GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA YAPIM MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013

Panjaitan, Prayri Hasoloan (2013) HUBUNGAN KOMPETENSI GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA YAPIM MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 708114224-COVER.pdf]
Preview
Text
708114224-COVER.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 708114224-LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
708114224-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 708114224-KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
708114224-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 708114224-ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
708114224-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 708114224-DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
708114224-DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[thumbnail of 708114224-BAB I.pdf]
Preview
Text
708114224-BAB I.pdf - Published Version

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of 708114224-BAB V.pdf]
Preview
Text
708114224-BAB V.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 708114224-DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
708114224-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah kompetensi guru memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan prestasi belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Yapim Medan Tahun Ajaran 2012/2013.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kompetensi guru dengan prestasi belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Yapim Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Yapim Medan yang berjumlah 80 orang. Sampel penelitian ini adalah sejumlah 80 orang yang diambil dengan teknik pengambilan sampel Total Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan angket. Uji validitas angket menggunakan rumus product moment pearson, dan reliabilitaasnya dihitung dengan rumus Cronbach Alpha. Desain penelitian adalah korelasi untuk menguji penelitian yaitu dengan uji hipotesis yaitu uji-t korelasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kompetensi guru (X) memiliki korelasi dengan prestasi belajar siswa (Y) sebesar 0.712. Koefisien korelasi bernilai positif dan pada berada pada kategori cukup karena berada pada rentang 0,600 – 0,800. Hubungan tersebut memiliki arti bahwa semakin tinggi kompetensi guru maka semakin tinggi pula prestasi belajar pada mata pelajaran Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Yapim Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung korelasi memiliki nilai sebesar 8,950 dan jika dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 0,05 yaitu 1,991, diketahui bahwa thitung > ttabel (8,950 > 1,991). Hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kompetensi guru dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS SMA Yapim Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Kompetensi guru memberikan sumbangsih 50,70% terhadap prestasi belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Yapim Medan Tahun Ajaran 2012/2013.Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan kepada pihak sekolah perlu meningkatkan kompetensi guru dalam mengajar khususnya guru mata pelajaran Ekonomi di SMA Yapim Medan agar setiap siswa dapat lebih mudah memahami dan lebih termotivasi untuk belajar sehingga mampu mencapai prestasi yang optimal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 330.071 Pan h
Keywords: Kompetensi Guru; Kepribadian; Sosial; Pedagogik; Profesional; Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 19 Dec 2016 03:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13259

Actions (login required)

View Item
View Item