Gultom, SM Horas P (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X AP DI SMK YAPIM MEDAN T.P. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114262 - COVER.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
708114262 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
708114262 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
708114262 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
708114262 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
708114262 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
708114262 - DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
708114262 - ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
708114262 - BAB I.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
708114262 - BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
708114262 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan kelas X AP di SMK YAPIM Medan T.P. 2012/2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) terhadap hasil belajar siswa di SMK YAPIM Medan T.P. 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X semester 1 Jurusan Adminstrasi Perkantoran yang berjumlah 140 orang yang terbagi atas 4 kelas. Sampel penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas X AP-2 sebagai kelas eksperimen dan X AP-1 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 35 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Sebagai alat pengumpul data digunakan soal multiple choice yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari analisa data diperoleh skor rata-rata pre-test pada kelas eksperimen sebesar 39,286 dengan simpangan baku 10,010 dan pada kelas kontrol diperoleh sebesar 40,429 dengan simpangan baku = 7,800. Dan analisa data skor rata-rata post-test pada kelas eksperimen (pembelajaran dengan model Number Head Together (NHT)) diperoleh sebesar =76,143 dengan simpangan baku sebesar 9,400. Rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol (pembelajaran dengan model konvensional) sebesar 66,857 dengan simpangan baku = 9,933. Dari hasil analisis data dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 95% ( = 0,05) diperoleh thitung = 3,896 sedangkan ttabel = 2,002. ternyata thitung >ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar Kewirausahaan siswa pada pokok bahasan mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha yang diberi pengajaran dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together (NHT) lebih baik dari hasil belajar Kewirausahaan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa X Administrasi Perkantoran di SMK YAPIM Medan T.P. 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 Gul p |
Keywords: | Model; Pembelajaran; Number Head Together (NHT); Konvensional; Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 19 Dec 2016 03:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13257 |