Harahap, Juriati (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANPARTISIPATIF TEKNIK NOMINAL GROUP UNTUK MENINGKATKAN HASII BELAJAR EKONOMI PADA POKOK BAHASAN PASAR DAN PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310074 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
708310074 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
708310074 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
708310074 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
708310074 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
708310074 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
708310074 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
708310074 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
708310074 BAB I.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
708310074 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
708310074 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapanmodel pembeiajaran partisipatif teknik nominai group dapat meningkatkan hasiibelajar ekonomi dan pengembangan karakter siswa kilas X-2 di SMA Negeri 11Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013? Tujuan dari penelitian ini adalah untukmemgetahiu peningkatan hasil beiajar ekonomi siswa keias X-2 di SMA Negeri11 Medan Pada Standart Kompetemsi Pasar melalui implementasi model pembelajaran partisipatif Teknik Nominal Group.Penelitian ini dilaksakan di SMA Negeri 11 Medan yang berlokasin di jln.Pertiwi no 93 Kecamatan Medan Tembung. Subjek dalam penelitian ini adalahsiswa keias X-2 dengan jumiah 40 siswa. Peneiitian ini berbentuk peneiitiantindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, atau observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar sedangkan teknik analisis data adalah dengan reduksi data dan sajian data.Dalam siklus I hasil belajar siswa dan pengembangan karakter siswa belum memenuhi standart ketuntasan minimal yaitu > 65 karena hanya 21 siswa yang tuntas belajar. karena belum mencapai standart kettmtasan minimal maka perlu dilanjutkan ke siklus II. Di dalam siklus II hasil belajar siswa mengalami secara rata-rata 30 siswa mencapai ≥ 65 untuk kriteri a sangat baik.Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran partisipatif teknik nominalgroup dapat meningkatkan hasil beiajar dan pengembangan karakter siswa keias XSMA Negeri 11 Medan Tahun Pelajaran 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 Har p |
Keywords: | Model; Pembelajaran; Partisipatif; Teknik; Ekonomi; Karakter |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 04 Nov 2016 02:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13254 |