Lius, Merianti (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA TRI RATNA SIBOLGA TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 708310095 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
2. NIM. 708310095 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
4. NIM. 708310095 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
5. NIM. 708310095 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7. NIM. 708310095 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
6. NIM. 708310095 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8. NIM. 708310095 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
3. NIM. 708310095 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
10. NIM. 708310095 BAB I.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
14. NIM. 708310095 BAB V.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
9. NIM. 708310095 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah ada Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X di SMA Tri Ratna Sibolga Tahun Ajaran 2012/2013?.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X di SMA Tri Ratna Sibolga Tahun Ajaran 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Tri Ratna Sibolga yang berlokasi di Jalan S. Parman No. 26 Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Tri Ratna Sibolga yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 60 siswa. Maka Sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling yaitu seluruh populasi digunakan sebagai sampel. Kelas X-2 sebagai kelas kontrol berjumlah 30 orang yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional dan kelas X-1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 orang yang diajarkan dengan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL). Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar Ekonomi pada pokok bahasan Bank dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Data yang diperoleh dianalisa melalui uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) adalah pretest sebesar 46 dan postest sebesar 78.17 sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional adalah pretest sebesar 42.8 dan postest sebesar 68. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,046 > 1,70 pada taraf signifikan 95% dan α= 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X di SMA Tri Ratna Sibolga Tahun ajaran 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 Mer p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Contextual Teaching and Learning (CTL); Belajar; Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 15 Nov 2016 02:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13252 |