Ramadinsyah, Ramadinsyah (2012) PENGARUH DISIPLIN DAN LINGKUNGANBELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI SMKNEGERI 1 KUTA CANE TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
81277110031 COVER.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
81277110031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
81277110031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
81277110031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
81277110031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
81277110031 BAB I.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
81277110031 BAB V.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
81277110031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah disiplin dan lingkunganbelajar memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswakelas XI SMK Negeri 1 Kuta Cane pada mata pelajaran kewirausahaan T.A2012/2013.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin danlingkungan belajar secara parsial dan simultan terhadap prestasi belajarkewiraushaan siswa kelas XI SMK Negeri 1 Kuta Cane Tahun Ajaran 2012/2013.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMK Negeri 1Kuta Cane yang berjumlah 120 orang. Sampel penelitian ini adalah sejumlah 90orang dengan teknik pengambilan sampel proporsional random sampling. Teknikpengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan angket. Uji validitasangket menggunakan rumus product moment pearson, dan reliabilitaasnyadihitung dengan rumus Cronbach Alpha. Desain penelitian adalah korelasi danregresi berganda untuk menguji penelitian yaitu dengan uji hipotesisnya uji-t danuji-F.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel disiplinbelajar (X1) memiliki korelasi pada taraf baik dengan prestasi belajar (Y) dengannilai 0.639 dan memiliki pengaruh signifikan karena thitung > ttabel yaitu 7,772 <1.987. Sedangkan variabel lingkungan belajar (X2) memiliki korelasi pada tarafcukup dengan prestasi belajar (Y) dengan nilai 0.512 dan memiliki pengaruhsignifikan karena thitung > ttabel yaitu 5,697 < 1.987. Sementara secara simultanvariabel X1 dan X2 memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja guru pada tarafalpha 5%. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan F yang sebesar 32,861 yang lebihbesar dari F tabel sebesar 3.10. Disiplin dan lingkungan belajar memilikideterminasi 43,1 % terhadap prestasi belajar sisanya dipengaruhi oleh variabellain diluar analisa penelitian ini.Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan Kepala sekolah, paraguru dan orang diharapkan dapat menerapkan disiplin lebih intens kepada siswauntuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan juga lebih memperhatikanlingkungan belajar siswa sehingga siswa dapat belajar secara nyaman agar prosesbelajar siswa dapat berlangsung dengan baik, efektif dan efisien.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 338.040 71 Ram p |
Keywords: | Displin; Belajar; Siswa; Lingkungan; Pelanggaran Disiplin; Prestasi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 27 Jan 2017 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13243 |