Pulungan, M. Syafril (2013) HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BALAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 PANYABUNGAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 708310085 COVER.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
2.708310085 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
4.708310085 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
3.708310085 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
5.708310085 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6.708310085 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7.708310085 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8.708310085 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
10.708310085 BAB I.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
14.708310085 BAB V.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
9.708310085 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat hubungan antara keterampilan mengajar guru dan motivasi belajardengan prestasi belajar kewirausahaan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara keterampilan mengajar guru dengan prestasi belajar kewirausahaan siswa, untuk mengetahui hubungan antara keterampilan mengajar gurudengan prestasi belajar kewirausahaan siswa, dan untuk mengetahui besarnya hubungan antara keterampilan mengajar guru dan motivasi belajardengan prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas X SMK Negeri 2 Panyabungan.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Panyabungan tahun ajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 2 Panyabungan, dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk melihat keterampilan mengajar dan motivasi belajar adalah instrumen angket. Sedangkan untuk melihat prestasi belajar kewirausahaan diambil dari Daftar Kumpulan Nilai (DKN) siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan rumus regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda pada penelitian ini yaitu, Y=46,110+ 0,246X1+0,231X2+e. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis untuk variabel Keterampilan Mengajar Guru (X1) diperoleh nilai thitung3.178 > ttabel 1,671. Variabel Motivasi Belajar (X2) diperoleh nilai thitung 5.465> ttabel 1,671. Berdasarkan uji ANOVA diperoleh nilai Fhitung25,392 >Ftabel3,15 pada taraf signifikan 95% dan α = 5% dengan dk= 60-2-1=57, atau dengan melihat nilai sig.0.000 <0.05. Besarnya angka R-Square( r 2 ) 0,471 menunjukkan bahwa hubungan antara X1 dan X2dengan Y adalah 47,1%, dan sisanya sebesar 52,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak menjadi fokus dalam penelitian ini. Kesimpulan yang diperoleh: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan mengajar guru dengan prestasi belajar kewirausahaan. (2) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan. Dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan mengajar guru dan motivasi belajardengan prestasi belajar kewirausahaan siswa kelas X SMK Negeri 2 Panyabungan Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 338.040 71 Pul h |
Keywords: | Keterampilan; Mengajar; Guru; Kewirausahaan; Motivasi; Belajar; Prestasi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB501 Capital. Capitalism H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 22 Nov 2016 04:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13242 |