Sinabang; Alponsus, Sinabang; Alponsus (2013) PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA DIKLAT KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI SMK SWASTA EKA PRASETYA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114056 Cover.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
708114056 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
708114056 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
708114056 Abstrak.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
708114056 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
708114056 Bab I.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
708114056 Bab V.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
708114056 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kewirausahaan siswa di SMK Swasta Eka Prasetya Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kreativitas Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Kewirausahaan. Manfaat dari penelitian ini adalah memberikan sumbangan bagi pihaksekolah dalam usaha meningkatkan hasil belajar siswa dengan memberikan informasi mengenai hasil belajar mata diklat kewirausahaan siswa kelas XI jurusan Akuntansi dilihat dari sudut pandang kreativitas belajar dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Eka Prasetya Medan yang beralamat di Jl.Eka Prasetya No.1 Medan Helvetia.dengan mengambil sampel sebanyak 50 responden yang merupakan keseluruhan populasi atau total sampling, dan instrument yang digunakan untuk mengukur kreativitas belajar dan motivasi berprestasi berupa angket dan kuesioner validitas tes diuji dengan menggunakan teknik korelasi product moment dengan hasil 20 instrumen kreativitas belajar terdapat 17 soal yang valid dan 3 soal yang tidak valid, dan 20 instrumen motivasi berprestasi terdapat 16 soal yang valid dan 4 soal yang tidak valid. Reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus alpha cronbach dengan hasil untuk reliabilitas kreativitas belajar adalah sebesar rhitung > rtabel (0,817 > 0,396) dan untuk reliabilitas motivasi berprestasi rhitung >rtabel (0,840>0,396).Teknik analisis data yang dipergunakan adalah dengan uji t pada taraf signifikan alpha 5%, hasil yang diperoleh menunjukkan kreativitas belajar berpengaruh signifikan dimana nilai thitung sebesar 3,361 dengan nilai sig<0,05 yaitu 0,002<0,05 . dan Motivasi berprestasi berpengaruh secara signifikan dimana nilai thitung sebesar 2,986 dengan nilai sig<0,05 yaitu 0,004 < 0,05 Hasil yang diperoleh pada uji F menunjukkan bahwa variabel kreativitas belajar dan motivasi berprestasi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa jurusan Akuntansi SMK Swasta Eka Prasetya Medan. Dengan nilai fhitung sebesar 91,741 dengan nilai sig <0,05 yaitu 0,000 < 0,05.Dapat disimpulkan bahwa kreativitas belajar dan motivasi berprestasi berpengaruh terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kela XI jurusan pemasaran SMK Swasta Eka Prasetya Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 338.040 71 Sin p |
Keywords: | Kreativitas Belajar; Motivasi; Kewirausahaan; Hasil Belajar; Diklat |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty. L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 09 Nov 2016 06:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13237 |