Fitri, Ainil (2013) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA AL-HIDAYAH MEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114052 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
708114052 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
708114052 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
708114052 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
708114052 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
708114052 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
708114052 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
708114052 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
708114052 BAB I.pdf - Published Version
Download (529kB) | Preview
708114052 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
708114052 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonom siswa kelas X SMA Al-Hidayah Medan. Dengan Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Talking Stick. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Al-Hidayah yang berlokasi di Jl. Letda sujono Gg. Perguruan No. 4 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X2 dengan jumlah 25 siswa. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pretest sebelum diadakannya tindakan pada siklus I adalah sebanyak 8 siswa (32%) dengan nilai rata-rata 63,2, yang memenuhi standar ketuntasan belajar. Setelah diadakan siklus I siswa siswa yang tuntas sebanyak13 siswa (52%) dengan nilai rata-rata 69,4, dan pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa (80%) dengan rata-rata nilai 77,6. Sedangkan aktivitas juga menunjukkan keberhasilan, hal ini terlihat dari siklus I terdapat 2 siswa (8%) kategori “sangat aktif”, 6 siswa (24%) untuk kategori “aktif”, 5 siswa (20%) untuk kategori “cukup aktif”, 7 siswa (28%) untuk kategori “belum aktif”, 5 siswa (20%) untuk kategori “tidak aktif”, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 5 siswa (20%) untuk kategori “sangat aktif”, 15 siswa (60%) untuk kategori “aktif”, 5 siswa (20%) untuk kategori “cukup aktif”, untuk kategori “belum aktif” dan “tidak aktif” berjumlah 0 (0%). Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Talking Stick untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Al-Hidayah Medan pada standar kompetensi Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi T.A 2012/2013. Hal ini berarti bahwa Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Talking Stickdapat digunakan sebagai alternative dalam pembelajaran ekonomi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 Fit p |
Keywords: | Model; Pembelajara Kooperatif; Tipe Jagsaw; Talking Stick; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Ekonomi Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 09 Nov 2016 02:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13232 |