Tarihoran, Hemriko L. (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REVIEW, OVERVIEW, PERSENTATION, EXERCISE, SUMMARY (ROPES) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 HABINSARAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114149 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
708114149 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (603kB) | Preview
708114149 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
708114149 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
708114149 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
708114149 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
708114149 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
708114149 BAB I.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
708114149 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
708114149 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran ROPES Terhadap Hasil Belajar ekonomi Siswa Kelas X SMA negeri 1 Habinsaran Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA negeri 1 habinsaran Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA negeri 1 Habinsaran Tahun Ajaran 2012/2013 yang terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 240 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini di ambil dengan secara random yaitu X-2 dengan jumlah 40 orang yang diberi pengajaran ROPES dan X-3 yang berjumlah 40 orang yang diberi pengajaran konvensional, cara pengambilan data dengan memberikan pre test dan pos test kepada siswa.sedangkan teknik analisis data yang digunakanakan adalah uji normalitas dan homogenitas dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t. Berdasarkan analisis data untuk kelas eksperimen diperoleh rata-rata pre test 30,25 dengan standar deviasi 9,54 dan rata-rata pos test 71,50 dengan standar deviasi 10.87.Dari kelas kontrol diperoleh rata-rata pre test 29,63 dengan standar deviasi 8,73 dan rata-rata post test 64,50 dengan standar deviasi 9,32. Kedua data tersebut berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan pengujian statistic diperoleh thitung = 3,097 dengan = 0,05 dan ttabel = 1,667. Jadi thitung > ttabel atau 3,097 > 1,667. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positip dan signifikan model pembelajaran ROPES terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA N 1 Habinsaran Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 Tar p |
Keywords: | Model Pembelajaran ROPES; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 16 Jan 2017 07:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13230 |