Mutiara, Juliana Sari (2012) PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DENGAN SISWA YANG TIDAK MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114164 Cover.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
708114164 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
708114164 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
708114164 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
708114164 Abstrak.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
708114164 Bab I.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
708114164 Bab V.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
708114164 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
Abstract
Masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dengan siswa yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2011/2012.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dengan siswa yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikulker pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Medan yang berjumlah 494 orang dimana 129 orang siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan 365 orang siswa yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Dengan sampel penelitian sebanyak 284 orang siswa dimana 97 orang siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan 187 orang siswa yang tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan angket. Desain penelitian adalah uji homogenitas, uji normalitas dan uji hipotesis untuk menguji instrumen penelitian. Pegujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan membandingkan nilai rata-rata prestasi belajar siswa dari kedua kelompok penelitian. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, diketahui nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang ikut ekskul sebesar 82.34 sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang tidak ikut ekskul sebesar 81.22. Varians gabungan untuk kedua kelompok data tersebut adalah sebesar 3.04. Dengan menggunakan harga rata-rata dan varians gabungan dari kedua kelompok data penelitian, maka dapat diketahui harga thitung sebesar 3.11. Nilai ttabel dengan dk (n1 + n2 – 2) = 282 untuk α (0.05) = 1.96. Karena thitung > ttabel (3.11 > 1.96) sehingga ada perbedaan prestasi belajar siswa yang ikut ekstrakurikuler dengan siswa yang tidak ikut ekstrakurikuler secara umum. Demikian juga untuk siswa kelompok IPA yang ada perbedaan perbedaan prestasi belajar siswa yang ikut ekstrakurikuler dengan siswa yang tidak ikut ekstrakurikuler. Tetapi untuk siswa kelompok IPS tidak ada perbedaan perbedaan prestasi belajar siswa yang ikut ekstrakurikuler dengan siswa yang tidak ikut ekstrakurikuler.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 352.071 Mut p |
Keywords: | Prestasi Belajar; Kegiatan Ekstrakurikuler |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 25 Nov 2016 02:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13215 |