PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION DAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI SMK SWASTA PEMBANGUNAN GALANG TAHUN AJARAN 2012/2013

Simbolon, Damyanti (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION DAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI SMK SWASTA PEMBANGUNAN GALANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 708114087 COVER.pdf]
Preview
Text
708114087 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 708114087 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
708114087 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview
[thumbnail of 708114087 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
708114087 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (725kB) | Preview
[thumbnail of 708114087 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
708114087 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (493kB) | Preview
[thumbnail of 708114087 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
708114087 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 708114087 BAB I.pdf]
Preview
Text
708114087 BAB I.pdf - Published Version

Download (681kB) | Preview
[thumbnail of 708114087 BAB V.pdf]
Preview
Text
708114087 BAB V.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 708114087 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
708114087 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dengan menerapkan Kolaborasi Model Pembelajaran Learning Starts With A Question dan Problem Solving dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kewirausahaan siswa Kelas XI SMK Swasta Pembangunan Galang. Penelitian dilakukan di SMK Swasta Pembangunan Galang pada semester Ganjil Tahun Ajaran 2012/2013 dengan subjek kelas XI TR yang berjumlah 38 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, di mana dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembaran mengenai siswa, tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas siswa. Sedangkan teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.Hasil observasi terhadap aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 13 siswa untuk kategori baik dan sangta baik. Sedangkan pada siklus II diperoleh 32 orang siswa. Dari hasil pre test ketuntasan kelas secara klasikal sebesar 23,68 % dengan nilai rata-rata 60. Pada pos test siklus I diperoleh nilai rata-rata 67,58 dengan persentase ketuntasan 44,74 %. Dan pada pos test siklus II diperoleh Nilai rata-rata 79,79 dengan ketuntasan 76,32 %. Bararti ada peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Terdapat hubungan antara aktivitas dengan hasil belajar Kewirausahaan siswa. Dari hasil uji korelasi antara aktivitas dan hasil belajar siswa diperoleh rhitung = 0,857 dan rtabel = 0,263 sehingga rhitung > rtabel. Ini berarti terdapat hubungan yang positif antara aktivias dan hasil belajar siswa, artinya jika aktivitas siswa tinggi maka hasil belajarnya juga tinggi. Pengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t dengan dk = n1 + n2 – 2 = 74 pada α = 0,05. Dari data hasil perhitungan diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,21>1,665. Dengan kata lain perbandingan hasil belajar siswa signifikan.Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Learning Starts With A Question dan Problem Solving dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kewirausahaan siswa Kelas XI SMK Swasta Pembangunan Galang Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 352.071 Sim p
Keywords: Learning Starts With A Question; Problem Solving; Aktivitas; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 01 Nov 2016 02:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13200

Actions (login required)

View Item
View Item