PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG PASAR MODAL DAN PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA KELAS XI IPS SMA DHARMAWANGSA MEDAN T.A. 2011/2012

Wulandari, Ayu (2012) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG PASAR MODAL DAN PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA KELAS XI IPS SMA DHARMAWANGSA MEDAN T.A. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 708114070 COVER.pdf]
Preview
Text
708114070 COVER.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 708114070 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
708114070 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of 708114070 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
708114070 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of 708114070 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
708114070 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of 708114070 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
708114070 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of 708114070 BAB I.pdf]
Preview
Text
708114070 BAB I.pdf - Published Version

Download (801kB) | Preview
[thumbnail of 708114070 BAB V.pdf]
Preview
Text
708114070 BAB V.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of 708114070 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
708114070 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa dan pengembangan karakter siswa di kelas XI IPS-3 SMA Dharmawangsa Medan T.A. 2011/2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar ekonomi siswa dan pengembangan karakter siswa melalui model pembelajaran STAD di kelas XI IPS-3 SMA Dharmawangsa Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Dharmawangsa Medan T.A. 2011/2012 dengan subjek adalah siswa kelas XI IPS-3 yang berjumlah 40 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah tes hasil belajar dan observasi. Sedangkan teknik analisis data dengan data kualitatif dan data kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar berupa tes dan observasi. Tes diberikan sebanyak 10 item, observasi dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung.Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata skor pre tes pada siklus I siswa yang tuntas 25% dan tidak tuntas 75% sedangkan pre tes siswa yang tuntas pada siklus II 62,5% dan tidak tuntas 37,5%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar tentang pasar modal dan pengembangan karakter siswa kelas XI IPS-3 SMA Dharmawangsa Medan T.A. 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 352.071 Wul p
Keywords: Model Kooperatif Tipe STAD; Hasil Belajar Siswa Tentang Pasar Modal; Pengembangan Karakter Siswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 09 Nov 2016 02:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13197

Actions (login required)

View Item
View Item