Hutapea, Natalia S. (2012) STUDI KOMPARATIF MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA PARULIAN I MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114210 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
708114210 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
708114210 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
708114210 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
708114210 DAFTAR TABLE.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
708114210 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
708114210 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
708114210 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
708114210 BAB I.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
708114210 BAB V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
708114210 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) pada materi pokok lembaga keuangan bukan bank kelas X SMA Parulian I Medan Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh kelas X SMA Parulian I Medan Tahun Ajaran 2011/2012 yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 80 orang. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa masing-masing kelas X-1 sebanyak 39 orang sebagai kelas eksperimen I dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dan kelas X-2 sebanyak 41orang sebagai kelas eksperimen II dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC). Instrument yang digunakan untuk mengukur hasil belajar ekonomi siswa dalam bentuk test pilihan berganda sebanyak 20 item, dimana sebelumnya telah diujicobakan untuk mengetahui daya beda dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji homogenitas menggunakan uji F dan uji hipotesis menggunakan uji-t Hasil pemberian post-test yang dilakukan pada kedua kelas diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas ekperimen I adalah 77,56 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 50 sedangkan simpangan baku 10,93. Pada kelas eksperimen II rata-rata hasil belajar siswa adalah 80,24 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 50 sedangkan simpangan baku 11,93. Hasil analisis data menunjukan thitung > ttabel (3,48 > 1,994). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar ekonomi yang menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) kelas X SMA Parulian I Medan Tahun Ajaran 2011/2012. Dimana hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) lebih tinggi daripada yang menggunakan model pembelajaran Mind Mapping.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 352.071 Hut s |
Keywords: | Mind Mapping; Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC); Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 13 Feb 2017 04:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13165 |