Natalia, Widya Santy (2012) PENERAPAN PERPADUAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA SWASTA MULIA MEDAN T.A. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114283 Cover.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
708114283 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
708114283 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
708114283 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
708114283 Abstrak.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
708114283 Bab I.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
708114283 Bab V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
708114283 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “kurangnya minat dan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Mulia”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan minat dan hasil belajar ekonomi siswa dengan penerapan perpaduan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan Contextual Teaching Learning (CTL). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Mulia Medan yang berlokasi di Jalan Kenanga Sari No. 33, Tanjung Sari, Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS dengan jumlah 20 orang dan objek penelitian ini adalah penerapan perpaduan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan Contextual Teaching Learning (CTL) untuk meningkatkan minat dan hasil belajar ekonomi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar angket untuk melihat minat belajar siswa dan test untuk melihat hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Berdasarkan uji coba angket diketahui bahwa dari 30 butir soal hanya 25 butir soal yang dinyatakan valid dan diperoleh realibilitas angket sebesar 0,939 (r11 = 0,939) atau dikatakan memiliki realibilitas tinggi karena rhitung > rtabel = 0, 939 > 0,444.Berdasarkan hasil analisis data angket minat siswa memperlihatkan bahwa minat belajar sebelum siklus I terdapat 65% pada kategori kurang dan 35% pada kategori cukup, sedangkan setelah siklus II terdapat peningkatan menjadi 85% pada kategori tinggi dan pada kategori cukup hanya tinggal 15%. Sedangkan dari hasil test yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang awalnya tuntas sebesar 35%, meningkatkan menjadi 60% pada siklus I dan meningkat lagi sebesar 90% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan perpaduan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan Contextual Teaching Learning (CTL) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Mulia T.A. 2011/2012. Hal ini berarti bahwa penerapan perpaduan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan Contextual Teaching Learning (CTL) dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran ekonomi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 352.071 Nat p |
Keywords: | Model Pembelajaran CIRC; CTL; Minat Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 12 Jan 2017 03:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13163 |