Wahyuni, Tuti (2012) PENGARUH CARA BELAJAR SISWA DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA SWASTA PAB 6 HELVETIA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
COVER, PENGESAHAN, DAN KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (674kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (525kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh antara cara belajar siswa dan media pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara cara belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa, untuk mengetahui pengaruh antara media pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi siswa, dan untuk mengetahui besarnya pengaruh cara belajar siswa dan media pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi siswa siswa kelas X SMA Swasta PAB 6 Helvetia.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta PAB 6 Helvetia tahun pelajaran 2011/2012. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta PAB 6 Helvetia, dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk melihat cara belajar siswa dan media pembelajaran adalah instrumen angket. Sedangkan untuk melihat prestasi belajar ekonomi siswa diambil dari daftar kumpulan nilai (DKN) siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan rumus regresi linier ganda dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda pada penelitian ini yaitu, Y= 46,110 + 0,246X1 + 0,231X2+e. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis untuk variabel Cara Belajar Siswa (X1) diperoleh nilai thitung 3.178 > ttabel 1,671. Variabel Media Pembelajaran (X2) diperoleh nilai thitung 5.465 > ttabel 1,671. Berdasarkan uji ANOVA diperoleh nilai Fhitung 25,392 > Ftabel 3,15 pada taraf signifikan 95% dan α = 5% dengan dk= 60-2-1=57, atau dengan melihat nilai sig.0.000 <0.05. Besarnya angka R-Square ( r 2 ) 0,471 menunjukkan bahwa pengaruh antara X1 dan X2 terhadap Y adalah 47,1%, dan sisanya sebesar 52,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak menjadi fokus penelitian ini. Kesimpulan yang diperoleh: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara cara belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi. (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi. Dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara cara belajar siswa dan media pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Swasta PAB 6 Helvetia Tahun Pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 352.071 Wah |
Keywords: | Cara Belajar Siswa; Media Pembelajaran; Prestasi Belajar Ekonomi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | astina hartono lubis |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 19 Jun 2019 02:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13158 |