Sihombing, Julinda T. (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XII IPS SMA ST. YOSEPH MEDAN T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114166 COVER.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
708114166 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (440kB) | Preview
708114166 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
708114166 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (582kB) | Preview
708114166 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
708114166 BAB I.pdf - Published Version
Download (770kB) | Preview
708114166 BAB V.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
708114166 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning dengan Think Pair Share pada materi pembelajaran Manajemen Badan Usaha kelas XII IPS SMA St. Yoseph Medan T.P. 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( Classroom Action Research) yang dilaksanakan di SMA St. Yoseph Medan tahun pembelajaran 2012/2013 dengan sampel kelas XII IPS2 sebanyak 32 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah lembaran tes guna mengetahui hasil belajar siswa dan lembar observasi, guna mengamati aktivitas belajar. Teknik analisa yang digunakan adalah analisa Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pre tes sebelum diadakannya tindakan pada siklus I adalah sebanyak 9 orang (28,125%) siswa yang memenuhi standar ketuntasan belajar. Setelah diadakan siklus I siswa yang telah mencapai standar ketuntasan belajar sebanyak 16 orang (50%), dan setelah diadakan tindakan pada siklus II sebanyak 27 orang (84,375%) siswa yang telah memenuhi standar ketuntasan. Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 70% siswa memperoleh nilai 75. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning dengan Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning dengan Think Pair Share dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran Ekonomi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 352.071 Sih p |
Keywords: | Kolaborasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning dengan Model Pembelajaran Think Pair Share; Aktivitas; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 25 Oct 2016 08:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13156 |