Sihotang, Nenny Juniar (2012) HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 37 MEDAN T.A. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114213 Cover.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
708114213 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (556kB) | Preview
708114213 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
708114213 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
708114213 Abstrak.pdf - Published Version
Download (445kB) | Preview
708114213 Bab I.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
708114213 Bab V.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
708114213 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan T.A. 2011/2012 yang diakibatkan karena pengelolaan kelas yang kurang efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengelolaan kelas dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP Negeri 37 Medan T.A 2011 / 2012.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 37 Medan yang beralamat di Jalan Timor No.36. Kecamatan Medan Perjuangan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 37 Medan yang berjumlah 237 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah sebesar 25% dari setiap kelas yaitu 60 orang yang diambil secara Sampling Purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui adanya hubungan antara variabel X dengan variabel Y adalah rumus Statistika Korelasi Product moment. Dari hasil perhitungan tersebut diperoleh hasil rxy = 0,310 berarti hubungan antara pengelolaan kelas dengan prestasi belajar dikategorikan rendah. Selanjutnya untuk menguji hipotesis menggunakan uji “t” sehingga diperoleh thitung sebesar 2,48 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 95% atau alpha 5% dengan nilai ttabel = 1,67. Berarti thitung > ttabel ( 2,48 > 1,67) maka hipotesis yang mengatakan “ Ada hubungan yang positif dan signifikan antara pengelolaan kelas dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP Negeri 37 Medan T.A 2011 / 2012” dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 352.071 Sih h |
Keywords: | Pengelolaan Kelas; Belajar; Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 27 Oct 2016 03:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13155 |