Saragih, Taufiq Amrizal (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IS SMA NEGERI 3 TEBING TINGGI TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
071277120001 Cover.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
071277120001 Lembar Persetujuan.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
071277120001 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
071277120001 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
071277120001 Abstrak.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
071277120001 Bab I.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
071277120001 Bab V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
071277120001 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
Abstract
Permasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan menerapakan kolaborasi model pembelajaran Numbered Head Together dengan Problem Posing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa di kelas XI IS SMA Negeri 3 Tebing Tinggi Tahum Pembelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Tebing Tinggi yang beralamat di Jl. K.L Yos Soedarso, Tebing Tinggi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IS SMA Negeri 3 Tebing Tinggi dengan jumlah 30 orang. Objek dalam penelitian ini adalah kolaborasi model pembelajaran Numbered Head Together dengan Problem Posing. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar yang berbentuk essay. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data dan penyajian data, dapat dilihat melalui hasil observasi terhadap aktivitas siswa dan hasil tes belajar berdasarkan standar ketuntasan minimal belajar (KKM) yang diterapkan sekolah dan seorang siswa dikatakan telah tuntas belajar jika hasil tes yang diperoleh mencapai skor 70 Berdasarkan hasil penerlitian ini diperoleh rata-rata observasi siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 19,53, yang termasuk kategori Cukup Baik. Pada siklus II rata – rata observasi aktivitas adalah 23,67 yang termasuk kategori Baik. Selain itu, tes yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 19 orang dari 30 siswa yang mendapat nilai ≥70 atau sebesar ( 63,33 %) dan 11 siswa mendapat nilai<70 atau sebesar ( 36,67 %), dengan nilai rata-rata 66,33. pada siklus II siswa yang memperoleh nilai ≥70 sebanyak 26 siswa (86,67%) dan siswa yang memperoleh nilai < 70 sebesar 4 siswa (13,33%) dengan nilai rata-rata 80,33. Dengan demikian ada peningkatan ketuntasan siswa dalam proses belajar mengajar khususnya dalam bidang ekonomi. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa kolaborasi model pembelajaran Numbered Head Together dengan Problem Posing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IS SMA Negri 3 Tebing Tinggi Tahun Pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 352.071 Sar p |
Keywords: | Model Pembelajaran Kolaborasi Numbered Head Together dengan Problem Posing; Aktivitas dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 17 Oct 2016 03:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13140 |