Bancin, Marojahan (2012) PENERAPAN KOLABORASI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF EVERYONE IS TEACHER HERE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X-4 DI SMA NEGERI 17 MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114187 COVER.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
708114187 LEMBAR PENGESAHAN .pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
708114187 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
708114187 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (496kB) | Preview
708114187 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
708114187 BAB I.pdf - Published Version
Download (618kB) | Preview
708114187 BAB V.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
708114187 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah, rendahnya “Aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas X-4 di SMA Negeri 17 Medan”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan Penerapan Kolaborasi Strategi Pembelajaran Aktif Everyone Is Teacher Here dengan Model Pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X-4 SMA Negeri 17 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 17 Medan yang berlamat di jalan Jalan Letnan Jenderal Jamin Ginting Km. 13,5 kelurahan Lau Chi Medan Tuntungan, pada semester genap tahun ajaran 2011/2012 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X-4 yang berjumlah 38 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran Talking Stick dan Everyone is Teacher Here. Teknik pengumpulan data menggunakan test belajar dan lembar observasi siswa. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, sajian data dan menarik kesimpulan berdasarkan reduksi dan sajian data. Dari hasil observasi terhadap siswa menunjukan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I rata-ratanya 12,5 dan pada siklus II rata-ratanya menjadi 15,2. Sedangkan hasil test yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 38 siswa terdapat 18 (47%) siswa yang tuntas belajar pada siklus II meningkat menjadi 35 (92%) siswa yang tuntas belajar. Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Talking stick dan Everyone is Teacher Here pada pelajaran Ekonomi siswa kelas X-4 di SMA Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2011/2012 dapat meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar siswa yang signifikan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 352.071 Ban p |
Keywords: | Model pembelajaran Talking Stick; Model pembelajaran Everyone is Teacher Here; aktivitas Belajar; Hasil belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Nov 2016 01:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13136 |