Sinambela, Monita E. (2012) HUBUNGAN KETERAMPILAN GURU MENGADAKAN VARIASI MENGAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA RK SERANG MURNI LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114203 Cover.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
708114203 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
708114203 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
708114203 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
708114203 Abstrak.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
708114203 Bab I.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
708114203 Bab V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
708114203 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya motivasi, dan antusias siswa dalam belajar, sehingga siswa merasa bosan dan tidak aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini bisa disebabkan adanya faktor dari guru itu sendiri yang berkaitan dengan variasi mengajarnya di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Keterampilan Guru Mengadakan Variasi Mengajar Dengan Prestasi Belajar Siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2011/2012.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan korelasional yang bersifat ex post facto. Penelitian ini dilaksanakan di SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2011/2012 dengan populasi seluruh kelas X yang berjumlah 200 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah sebesar 25% dari setiap kelas yaitu 50 orang yang diambil secara Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui adanya hubungan variabel X dengan variabel Y adalah rumus Korelasi Product Moment, dari perhitungan tersebut diperoleh hasil rxy =0,621 yang berarti hubungan antara keterampilan guru mengadakan variasi mengajar dengan prestasi belajar siswa kategori kuat.Selanjutnya untuk menguji hipotesis menggunakan uji “t” sehingga diperoleh t hitung sebesar 3,12 sedangkan t tabel pada taraf signifikan 95% atau alpha 5% dengan nilai ttabel =2,01, berarti thitung > ttabel (3,12 > 2,01) maka hipotesis yang menyatakan “ Ada hubungan yang positif dan signifikan antara keterampilam guru mengadakan variasi mengajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2011/2012” dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 650.071 Sin h |
Keywords: | Keterampilan Guru; Variasi Mengajar; Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 09 Nov 2016 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13125 |