Tambunan, Sara F. (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA KELAS X AP SMK BUKIT CAHAYA SIDIKALANG T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114245 Cover.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
708114245 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
708114245 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
708114245 Abstrak.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
708114245 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
708114245 Bab I.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
708114245 Bab V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
708114245 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa mata pada materi pokok bekerja dalam satu tim di kelas X AP SMK Bukit Cahaya Sidikalang T.A 2011/2012Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMK Bukit Cahaya Sidikalang Tahun Ajaran 2011/2012. Popupasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Bukit Cahaya Sidikalang Tahun Ajaran 2011/2012 yang terdiri dari 2 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X AP1 sebagai kelas eksperimen dan X AP2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk multiple choice sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas dan reabilitasnya dan dari hasil perhitungan tes hasil belajar adalah valid dan reliabel. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Mind Mapping lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Mind Mapping adalah pre tes sebesar 41,25 dan post tes sebesar 73,88 sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional adalah pre tes sebesar 39,30 dan post tes sebesar 65,27. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,572 > 1,668 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa kelas X AP SMK Bukit Cahaya Sidikalang T.A 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 650.071 Tam p |
Keywords: | Model Pembelajaran Mind Mapping; Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 05 Dec 2016 06:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13099 |