Manullang, Bryanson Affan (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN STENOGRAFI KELAS X SMK PARULIAN 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114077 Cover.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
708114077 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
708114077 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
708114077 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
708114077 Abstrak.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
708114077 Bab I.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
708114077 Bab V.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
708114077 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tuornament dengan model pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar stenografi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tuornament dan model pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar stenografi. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas X SMK Parulian 1 Medan Tahun Ajaran 2011/2012, dengan jumlah populasi terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 80 orang dan kemudian dibagi menjadi 2 kelas. Kelas pertama terdiri dari 40 orang di kelas eksperimen dan 40 orang di kelas kontrol yang diambil secara acak sederhana. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar stenografi berupa pilihan berganda tes. Teknik analisa data yang digunakan yaitu dengan penentuan skor, rata-rata, standar deviasi dan varians,uji normalitas dengan kriteria Lo < L tabel pada = 0.05 maka data berasal dari kelompok sampel yang berdistribusi normal dan uji hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis jika t hitung > t tabel pada = 0.05.Hasil penelitian membuktikan adanya pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tuornament terhadap hasil belajar stenografi siswa Kelas X SMK Parulian 1 Medan. Hal ini didukung oleh perolehan rata-rata untuk kelas eksperimen dengan nilai 66 (pretes) dengan SD 9,28 dan 79,125 (postes) dengan SD 10,120 Sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh rata-rata dengan nilai 62,5 (pretes) dengan SD 8,843 dan 70,88 (postes) dengan SD = 9,40. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh t hitung > t tabel yaitu 3,921 > 1,991 (pretes) dan t hitung > t tabel yaitu 6,458.> 1,991 (postes).Uji hipotesis membuktikan bahwa nilai pretes kedua kelas sebelum ada perlakuan adalah sama sedangkan nilai postes antara kedua kelas berbeda sehingga hipotesis diterima yaitu ada pengaruh antara model pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tuornament dan model pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran stenografi di kelas X SMK Parulian 1 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 650.071 Man p |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 05 Dec 2016 02:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13098 |