Sembiring, Irma Nopiana Br. (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK NEGERI 7 MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341058 COVER.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
709341058 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
709341058 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
709341058 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
709341058 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
709341058 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
709341058 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
709341058 BAB I.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
709341058 BAB V.pdf - Published Version
Download (30kB) | Preview
709341058 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Di SMK Negeri 7 Medan T.P 2013/2014.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X ADM SMK Negeri 7 Medan Semester Ganjil yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster sampling yaitu kelas X ADM3 sebagai kelas eksperimen dan X ADM4 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 40 orang dan kelas kontrol berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal, dimana sebelumnya telah diujicobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes, dan realibilitas tes. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pre test kelas eksperimen 41.375 dengan standar deviasi 10,12 dan nilai rata-rata kelas kontrol 38.25 dengan standar deviasi 8.81. Berdasarkan hasil uji normalitas dan uji homogenitas pada data hasil tes kedua kelompok tersebut diperoleh bahwa data kedua sampel normal dan homogen. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh nilai rata-rata post test pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Talking Stick sebesar 70.125 dengan standar deviasi 11.12 dan pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional sebesar 62.75 dengan standar deviasi 8.95. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus Uji-t dengan dk (n1+ n2- 2) pada taraf signifikansi 95% dan α = 0,05. Dari data perhitungan hipotesis diperoleh thitung= 3,32 sedangkan untuk ttabel= 1,667 sehingga thitung > ttabel (3,32> 1,667). Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 3,32> 1,667 dengan kata lain Ha diterima diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar Kewirausahaan siswa kelas X di SMK Negeri 7 Medan T.P. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 9 Sem p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Talking Stick; Konvensional; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 14 Feb 2017 08:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13083 |