Wulandari, Ayu (2014) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDEDTEACHING DENGAN PENDEKATAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKANAKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI BM SMKMUHAMMADIYAH 8 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141017 COVER.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
709141017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (691kB) | Preview
709141017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
709141017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
709141017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
709141017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
709141017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
709141017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
709141017 BAB 1.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
709141017 BAB V.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
709141017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
Abstract
Permasalahan penelitian adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajarakuntansi siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI BM SMK Muhammadiyah 8 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 setelahmenerapkan model pembelajaran Guided Teaching dengan pendekatan ReciprocalTeaching. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 8 Medan TahunPembelajaran 2013/2014 dengan subjek siswa kelas XI BM yang berjumlah 30orang. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yangdigunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar siswa. Sedangkan untuk analisa data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu kuantitatif dan kualitatif.Dari hasil analisis diperoleh data observasi sebagai hasil pengamatanaktivitas belajar siswa yang telah dilakukan memperlihatkan bahwa terjadipeningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 33,33% (Siklus I 46,67% sedangkan Siklus II 80%). Hasil data pretest sebagai hasil belajar awal siswa dengan 23,3% yang tuntas dengan nilai rata-rata 61. Data postes siklus I siswa yang memenuhi ketuntasan sebesar 56,67% dengan nilai rata-rata 66,16 sedangkan data pada postes siklus II siswa yang memenuhi ketuntasan sebesar 86,67% dengan nilai rata-rata78,33. Berarti ada peningkatan hasil belajar siswa dari postes siklus I ke postes siklus II sebesar 30%. Pada uji signifikansi hasil belajar siswa antar siklus diperoleh bahwa t hitung > t tabel (11,74 2,04). Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antar siklus.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Guided Teachingdengan pendekatan Reciprocal Teaching dapat meningkatkan aktivitas dan hasilbelajar akuntansi siswa kelas XI BM SMK Muhammadiyah 8 Medan TahunPembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 9 Wul i |
Keywords: | Model pembelajaran; Guided teaching; Pendekatan relip teaching; Aktivita belajar; Hasil belajar. |
Subjects: | H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9701 Public accounting. Auditing L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 26 Oct 2016 03:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13057 |