Siagian, M. Sahat Kurniawan (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI AP 1 SMK SWASTA ERIA MEDAN TP. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 709341076 COVER.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
2. NIM. 709341076 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (498kB) | Preview
3. NIM. 709341076 PREFACE.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
8. NIM. 709341076 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. NIM. 709341076 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
9. NIM. 709341076 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
4. NIM. 709341076 ABSTRAK ID.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
11. NIM. 709341076 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (560kB) | Preview
15. NIM. 709341076 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
10. NIM. 709341076 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar kewirausahaan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa dengan menerapkan Model Pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XI AP 1 SMK Swasta Eria Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Penelitian dilaksanakan di SMK Swasta Eria Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan subjek siswa kelas XI AP 1 yang berjumlah 40 orang. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, danrefleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu data kuantitatif dan data kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I terdapat 10 orang (25%) siswa aktif. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 31 orang (77,5%) siswa yang aktif dan sangat aktif. Sehingga aktivitas belajar meningkat dari siklus I dan II sebesar 52,5%. Hasil belajar pada pretes sebelum diadakannya tindakan pada siklus I adalah sebanyak 11 orang (27,5%) siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 52,62.Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak22 orang siswa (55%) dengan nilai rata-rata 69,25 dan pada siklus II sebanyak 32 orang siswa (80%) siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 82. Terjadi peningkatan sebesar 12,75.Untuk pengujian signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t dengan dk=40-1=39 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan menunjukkan thitung = 10,89 dan ttabel = 2,02. Sehingga thitung>ttabel (10,89>2,02). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga Ha diterima.Dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar Kewirausahaan siswa kelas XI AP 1 pada standard kompetensi Merencanakan Usaha Kecil/Mikro di SMK Swasta Eria Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 9 Sia p |
Keywords: | Hasil belajar; Modelpembelajaran; Group investigation; Kewirausahaan. |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 06 Oct 2016 04:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13047 |