Munthe, Ali Alatas (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARANKOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGELOLA SISTEM KEARSIPAN SISWA KELAS X AP SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 709341005 COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2. NIM. 709341005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
3. NIM. 709341005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
4. NIM. 709341005 ABSTRACT ID.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
6. NIM. 709341005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7. NIM. 709341005 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM. 709341005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
15. NIM. 709341005 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
11. NIM. 709341005 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (476kB) | Preview
9. NIM. 709341005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam poenelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran mengelola sistem kearsipan siswa kelas X AP SMK Negeri 1 Medan tahun pembelajaran 2013-2014.Penelitian ini dilaksanakan pada SMK Negeri 1 Medan di Jalan SindoroNo. 1 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalampenelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlahtotal 143 siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah random sampling dengan menggunakan 2 kelas yaitu kelas X AP2 sebagai kelaseksperimen dan kelas X AP1 sebagai kelas kontrol, yang masing-masing kelasterdisi dari 35 siswa dengan jumlah total 70 siswa. Instrumen yang digunakanuntuk mengukur hasil belajar siswa berbentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 item soal. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretes siswa kelas eksperimen = 39,28 dengan Standar Deviasi = 11,18 dan nilai rata-rata post tes siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division =70,42 dengan Standart Deviasi = 12,79. Sedangkan nilai rata-rata pretes siswa kelas kontrol = 38,00 dengan Standar Deviasi = 9,79 dan nilai rata-rata post tes siswa menggunakan metode konvensional = 64,00 denganStandar Deviasi = 15,98. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasilbelajar berdistribusi normal (Lhitung < Ltabel) dan homogen (Fhitung < Ftabel).Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung > ttabel (7,38 > 1,669), yang berarti hipotesis dapat diterima anatara variabel X dan Y pada taraf signifikan 95% atau alpha 0,05% dengan dk = N + N – 2 = 68. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Adapengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar Mengelola SistemKearsipan siswa kelas X AP SMK Negeri 1 Medan T.P 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.307 1 Mun p |
Keywords: | Model pembelajaran; Kooperatif; STAD; Hasil belajar siswa; Kearsipan. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 25 Oct 2016 08:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13041 |