Tamba, Lestari (2012) PENERAPAN STRATEGI BEACH BALL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114174 Cover.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
708114174 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
708114174 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
708114174 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
708114174 Abstrak.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
708114174 Bab I.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
708114174 Bab V.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
708114174 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan model pembelajaran diskusi kelas Strategi Beach Ball. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012 semester yang terletak di Jl. Pelajar No 17 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 yang berjumlah 42 orang dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan Strategi Beach Ball untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Untuk menjaring data penelitian, diberikan test dan observasi.Berdasarkan hasil analisis data, terjadi peningkatan motivasi siswa pada siklus I hanya rata-rata 62,51% menjadi 90,48% pada siklus II. Dari hasil analisis tersebut, peningkatan motivasi sebesar 27,94%. Sedangkan hasil tes yang dilaksanakan, terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 42 siswa hanya 28 (66,67%) siswa yang tuntas belajar pada siklus I menjadi 37 siswa (88,09%) pada siklus II, berarti meningkat sebesar 21,42% Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 70% siswa memperoleh nilai >70. Dan dari hasil uji korelasi antara motivasi (variabel X) dan hasil belajar (variabel Y) diperoleh rxy = 0,472 yang menunjukkan hubungan yang positif, artinya jika motivasi siswa tinggi, maka hasil belajarnya juga akan tinggi. Pada uji signifikan untuk motivasi thitung>ttabel yaitu 4,870>1,663 dan thitung>ttabel yaitu 3,819>1,663 untuk hasil belajar. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II telah diperoleh ketuntasan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa ditunjukkan dengan peningkatan yang signifikan.Dari perolehan hasil belajar siswa dan observasi, disimpulkan bahwa dengan menerapkan Strategi Beach Ball, maka motivasi dan hasil belajar siswa di kelas XI 2 IPS SMA Negeri 5 Medan dapat meningkat pada pokok bahasan Jurnal Penyesuaian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Tam p |
Keywords: | Strategi Beach Ball; Motivasi Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13028 |