Sitorus, Herna Valentina (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALY DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR T.P.2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114151 Cover.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
708114151 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
708114151 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
708114151 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
708114151 Abstrak.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
708114151 Bab I.pdf - Published Version
Download (522kB) | Preview
708114151 Bab V.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
708114151 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK Negeri 1 Pematangsiantar. “Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualy dengan Strategi Pembelajaran Everyone is a Teacher Here dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK pada standar kompetensi Mengelola Kartu Persediaan di SMK Negeri 1 Pematangsiantar. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pematangsiantar T.P. 2011/2012 semester Ganjil . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI AK-1 SMK yang berjumlah 33 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Team Assisted Individualy dengan Strategi Pembelajaran Everyone is a Teacher Here. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas. Sedangkan teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 9,10% siswa masih tergolong tidak aktif, 21,21% untuk kriteria kurang aktif, 30,30% untuk kriteria cukup aktif, 33,33% untuk kriteria aktif dan 6,06% untuk kriteria sangat aktif sedangkan pada siklus II tidak ada lagi siswa yang tergolong tidak aktif, 6,06% untuk kriteria kurang aktif, 39,40% untuk kriteria cukup aktif, 30,30% untuk kriteria aktif dan 24,24% untuk kriteria sangat aktif menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas belajar siswa. Demikian juga dengan ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I adalah 60,61%. Pada siklus II persentase ketuntasan klasikal adalah 84,85%, menunjukkan terjadi peningkatan ketuntasan secara klasikal 24,24%. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II telah diperoleh ketuntasan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Pengujian signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t dengan dk = n1 + n2 -2 pada = 0,05 dan N = 33. Dari data perhitungan diperoleh t hitung = 5,083 dan t tabel = 1,669. hasil pengujian menunjukkan t hitung > t tabel yaitu ( 5,083 > 1,669). Dengan kata lain perbandingan hasil belajar siswa signifikan. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualy dengan Strategi Pembelajaran Everyone is a Teacher Here dapat meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI AK SMK Negeri 1 Pematangsiantar T.P. 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Sit p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil belajar; Model Pembelajaran Team Assisted Individualy dengan Strategi Pembelajaran Everyone is a Teacher Here |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 03 Oct 2016 04:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13019 |