Anggraini, Sari (2012) PENERAPAN KOLABORASI STRATEGI PEMBELAJARAN QUESTION STUDENT HAVE DAN BEACH BALL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK SWASTA PEMBANGUNAN GALANG 1 TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114246 Cover.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
708114246 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
708114246 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
708114246 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
708114246 Abstrak.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
708114246 Bab I.pdf - Published Version
Download (629kB) | Preview
708114246 Bab V.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
708114246 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi dengan menerapkan Kolaborasi Strategi Pembelajaran Question Student Have dan Beach Ball di SMK Swasta Pembangunan Galang 1 dan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siklus I dan siklus II. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Pembangunan Galang 1 di Jl. Pendidikan Gg. SPG Lingkungan VII Galang, Deli Serdang tahun pembelajaran 2011/2012. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AK yang berjumlah 35 orang. Objek penelitian ini adalah Penerapan Kolaborasi Strategi Pembelajaran Question Student Have dan Beach Ball Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan hasil analisis data, terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus I hanya rata-rata 62,86% menjadi 82,85% pada siklus II. Dari hasil analisis tersebut, peningkatan aktivitas sebesar 19,99%. Sedangkan hasil tes yang dilaksanakan, terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 35 siswa hanya 25 (71,43%) siswa yang tuntas belajar pada siklus I dengan nilai rata-rata 72,71 menjadi 31 siswa (88,56%) pada siklus II dengan nilai rata-rata 80,43. Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 75% siswa memperoleh nilai 75. Terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan antara hasil belaajar siklus I dengan siklus II dimana thitung = 3,79 > ttabel = 1,99. Berdasarkan analilsis di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan Kolaborasi Strategi Pembelajaran Question Student Have dan Beach Ball dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada standar kompetensi Mengelola Kartu Aktiva Tetap di kelas XI AK SMK Swasta Pembangunan Galang 1 Tahun Pembelajaran 2011/2012. Hal ini berarti bahwa Kolaborasi Strategi Pembelajaran Question Student Have dan Beach Ball dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Ang p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Strategi Question Student Have; Strategi Beach Ball |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 03 Oct 2016 03:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13018 |