Gultom, Fatimah Yohanna Yanti (2012) PENERAPAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PENGINTEGRASIAN LIFE SKILL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X-AK.2 SMK SWASTA NUR AZIZI TANJUNG MORAWA T.A 2011/ 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
081277110009 Cover.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
081277110009 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
081277110009 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
081277110009 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
081277110009 Abstrak.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
081277110009 Bab I.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
081277110009 Bab V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
081277110009 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X-Ak.2 SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa T.A 2011/ 2012.” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X-Ak.2 SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa T.A 2011/ 2012 melalui penerapan strategi Contextual Teaching and Learning yang diintegrasikan dengan life skill. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Nur Azizi Tanjung Morawa pada Tahun Ajaran 2011/2012. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.AK-2 yang berjumlah 30 orang dan objek penelitan adalah Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) yang diintegrasikan dengan Life Skill. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan di dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Tekhnik analisis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif, data kuantitatif dan korelasi product moment.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh aktivitas belajar siswa Hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan peningkatan aktivitas siswa sebesar (siklus I rata-rata 17.25 sedangkan siklus II rata-rata 24.20). Analisis hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 66,67%, Sedangkan hasil belajar siklus II persentase ketuntasan sebesar 90%. Berarti ada peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 23.33%. Hal ini menunjukkan siklus II sudah mencapai standar KKM secara klasikal yaitu minimal 80% siswa harus memperoleh nilai ≥ 75. Hal ini membuktikan Ada hubungan yang positif (tinggi antara aktivitas dan hasil belajar dimana diperoleh rxy sebesar 0.63 sehingga kontribusi aktivitas (D) sebesar 39.69% yang artinya bahwa aktivitas dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 39.69%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pengintegrasian Life Skill pada standar kompetensi menyelesaikan mengelola bukti transaksi di kelas X.Ak-2 SMK Swasta NUR AZIZI Tanjung Morawa T.A 2011/2012 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Hal ini berarti bahwa Strategi Contextual Teaching and Learning dalam pengintegrasian Life skill dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Gul p |
Keywords: | Aktivitas belajar; Hasil belajar; Strategi Contextual Teaching and Learning dan Life Skill |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 30 Sep 2016 03:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13015 |