Siregar, Mastijah (2012) PERBEDAAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DAN KONVENSIONAL DI KELAS XII IS SMA N I TANJUNG BERINGIN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310092 Cover.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
708310092 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
708310092 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
708310092 Abstrak.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
708310092 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
708310092 Bab I.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
708310092 Bab V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
708310092 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa di kelas XII IS di SMA N I Tanjung Beringin Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar akuntansi dengan menggunakan model pembelajaran Think-Pair-Share dan Konvensional di kelas XII IS SMA N I Tanjung Beringin Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N I Tanjung Beringin. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IS SMA N I Tanjung Beringin, yang berjumlah 90 orang. Sampel yang digunakan adalah kelas XII IS1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IS2. sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas, berjumlah 35 orang dan jumlah seluruh sampel 70 orang. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk essay test sebanyak 5 soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata untuk kelas eksperimen pretest = 41,571 SD = 11,68 dan posttest = 80,142; SD = 11,146. Sedangkan kelas kontrol pretes = 41,714; SD = 11,11 dan posttest 73,428 ; SD = 11,361. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan dk = (n1+n2)-2 pada taraf α = 0,05. Dari data perhitungan hipotesis thitung sebesar 2,4968 dan ttable sebesar 1,6687. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,4968> 1,6687 dengan kata lain hipotesis diterima. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode konvensional di kelas XII IS MA N I Tanjung Beringin T.A. 2012/ 2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Sir p |
Keywords: | Hasil Belajar Akuntansi; Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share dan Konvensional |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 26 Sep 2016 07:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12991 |