Manik, Gustiana (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DENGAN COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS 4 SMA NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114141 COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
708114141 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
708114141 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
708114141 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
0708114141 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
708114141 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
708114141 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
708114141 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
708114141 BAB I.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
708114141 BAB V.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
708114141 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS 4 SMA Negeri 1 Pematang Siantar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Scramble dengan Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS 4 SMA Negeri 1 Pematangsiantar. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XII IPS 4 SMA Negeri 1 Pematangsiantar yang berlokasi di Jln. Parsoburan No. 24 Pematang Siantar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 4 yang berjumlah 32 orang. Objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran Scramble dengan Course Review Horay. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa dan tes untuk melihat hasil belajar siswa. Adapun teknik analisa data dengan menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif.Dari hasil analisis diperoleh data pretes sebagai hasil belajar awal, yaitu 14 orang atau 43,75% mencapai nilai ketuntasan minimal dengan nilai rata-rata hasil belajar 64,53. Data postes siklus I jumlah siswa yang tuntas adalah 22 orang atau 68,75% dengan nilai rata-rata hasil belajar 66,88, ada peningkatan hasil belajar siswa dari pretes ke postes siklus I sebesar 25%. Sedangkan postes siklus II jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 28 orang atau 87,5% dengan nilai rata-rata hasil belajar, yaitu 79,37 berarti ada peningkatan hasil belajar siswa dari postes siklus I ke postes siklus II sebesar 18,75%. Hasil observasi yang diperoleh menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa, pada siklus I rata-rata aktivitas siswa 37,5% sementara pada siklus II 93,75% terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 56,25%. Dan adanya perbedaan yang signifikan antara siklus I dan siklus II dengan diperoleh nilai thitung3,76> ttabel1,9806.Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Scramble dengan Course Review Horay pada standar kompetensi penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang Tahun Ajaran 2012/2013 membuktikan peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Scramble dengan Course Review Horay dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Man p |
Keywords: | Scramble; Course Review Horay; Aktivitas; Hasil Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 28 Dec 2016 09:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12978 |