Marsagina P., P. (2012) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) KELAS XI IS 2 DI SMA NEGERI 1 KISARAN T.A. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114188 COVER.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
708114188 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
708114188 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
708114188 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
0708114188 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
708114188 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
708114188 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
708114188 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
708114188 BAB I.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
708114188 BAB V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
708114188 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya minat dan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar akuntansi dengan menerapkan metode pembelajaran STAD di kelas XI SMA Negeri 1 Kisaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMA NEGERI 1 Kisaran yang terletak di Jl. Madong Lubis tahun pembelajaran 2011/2012. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS yang berjumlah 40 orang dan yang menjadi objek peneletitian ini adalah penerapan model pembelajaran STAD. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan observasi. Tes yang digunakan adalah essay test yang diambil dari buku paket siswa. Observasi minat belajar siswa dilakukan secara langsung pada saat proses belajar mengajar dengan menerapkan Metode Pembelajaran STAD dan menyebarkan angket. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari pengumpulan data yang kemudian dianalisis dengan menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif Berdasarkan hasil analisis data, terjadi peningkatan minat belajar siswa pada siklus I hanya rata-rata 60% menjadi 95% pada siklus II. Dari hasil analisis tersebut, peningkatan minat belajar sebesar 35%. Sedangkan hasil tes yang dilaksanakan, terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 40 siswa hanya 22 (55%) siswa yang tuntas belajar pada siklus I menjadi 34 siswa (85%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 70% siswa memperoleh nilai 75. Dalam hubungan minat dan hasil belajar diperoleh rxy sebesar 0.77 yang berarti menunjukkan hubungan yang positif (tinggi) antara minat dan hasil belajar. Dengan demikian diperoleh kontribusi minat sebesar 59,13% dalam meningkatkan hasil belajar. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran STSD pada standar kompetensi menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan jasa dan dagang di kelas XI IS 2 SMA Negeri 1 Kisaran Tahun Ajaran 2011/2012 dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa Model Pembelajaran STAD dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Mar u |
Keywords: | Minat Belaja; Hasil Belajar; Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 28 Dec 2016 09:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12977 |