Siregar, Dwi Rayana (2012) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION SISWA KELAS XI IS SMA SWASTA MUHAMMADIYAH 4 BABALAN TAHUN AJARAN 2011 / 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310036 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
708310036 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
708310036 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
708310036 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
0708310036 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
708310036 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
708310036 BAB I.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
708310036 BAB V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
708310036 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi dengan menerapkan Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidance, Satisfaction di SMA Swasta Muhammadiyah 4 Babalan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Muhammadiyah 4 di Jl. Kalimantan tahun ajaran 2011/2012. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS yang berjumlah 30 orang. Objek penelitian ini adalah Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi dengan Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidance, Satisfaction. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan hasil penerlitian ini diperoleh rata-rata observasi siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 21,53 (67,29%) yang termasuk kategori Cukup Baik. Pada siklus II rata – rata observasi aktivitas adalah 24,93 (77,92%) yang termasuk kategori Baik. Sehingga aktivitas belajar meningkat dari siklus I dan II sebesar 10,63% Selain itu, tes yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 19 orang dari 30 siswa yang mendapat nilai ≥65 atau sebesar ( 63,33 %) dan 11 siswa mendapat nilai<65 atau sebesar ( 36,67 %), dengan nilai rata-rata 68,67. pada siklus II siswa yang memperoleh nilai ≥65 sebanyak 26 siswa (86,67%) dan siswa yang memperoleh nilai <65 sebesar 4 siswa (13,33%) dengan nilai rata-rata 80,16. Dengan demikian ada peningkatan ketuntasan siswa dalam proses belajar mengajar khususnya dalam bidang akuntansi. Untuk melihat apakah ada hubungan aktivitas dan hasil belajar maka dilakukan uji korelasi dan dari hasil perhitungan didapatkan perhitungan uji korelasi diperoleh hubungan antara aktivitas (Variabel X) dengan hasil belajar (Variabel Y) dimana rxy= 0,87 yang berarti menunjukkan hubungan yang positif, artinya jika aktivitas belajar meningkat maka hasil belajar juga meningkat, dan D= 76% menunjukkan bahwa kenaikkan hasil belajar ditentukan oleh aktivitas sebesar 76%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi pada standar kompetensi Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa siswa kelas XI IS SMA Swasta Muhammadiyah 4 Babalan Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Sir u |
Keywords: | Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa; Relevansi; Tingkat Kepercayaan; Model Kepuasan; |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 28 Dec 2016 08:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12976 |