Simatupang, Dina M. (2012) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DENGAN STRATEGI ROTARING TRIO EXCHANGE DI SMK N 1 SIDIKALANG T.P.2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114103 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
708114103 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
708114103 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
708114103 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
0708114103 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
708114103 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
708114103 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
708114103 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
708114103 BAB I.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
708114103 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
708114103 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK N 1 Sidikalang T.P. 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan Strategi Rotaring Trio Exchange di kelas XI AK SMK N 1 Sidikalang T.P. 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Sidilakang pada semester ganjil Tahun Ajaran 2012/2013 dengan subjek siswa kelas XI AK yang berjumlah 38 siswa dan objek penelitian adalah menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan Strategi Rotaring Trio Exchange untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencaaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui lembar angket siswa dan test hasil belajar akuntansi. Sedangkan teknik analisis data melalui reduksi data dan penyajian data. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh hasil belajar pada siklus I dari 38 siswa hanya 15 siswa atau (39,47%) siswa yang tuntas dan 23 siswa atau (60,52%) siswa tidak tuntas dengan rata-rata 65,02 , sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas sudah meningkat menjadi 28 siswa atau (73,68%) siswa dan jumlah siswa yang tidak tuntas 10 siswa atau (26,31%) siswa dengan rata-rata 74,47. Persentase tingkat motivasi siswa yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 14 siswa (36,84%) memiliki motivasi sedang dan 24 siswa atau (63,15%) memiliki motivasi tinggi. Sedangkan pada siklus II menjadi 13 siswa atau (34,21%) siswa memiliki motivasi sedang dan 25 siswa atau (65,78%) siswa memiliki motivasi tinggi. Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 72% siswa memperoleh nilai ≥72. Dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan Strategi Rotaring Trio Exchange dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di kelas XI AK SMK N 1 Sidikalang T.P. 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Sim u |
Keywords: | Motivasi Belajar; Hasil Belajar Akuntansi; Model Pembelajaran Jigsaw; Strategi Rotaring Trio Exchange |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 28 Dec 2016 05:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12965 |