Pratiwi, Rahmi (2015) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, STATISFACTION) DAN KUMON UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141176 COVER.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
709141176 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
709141176 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
709141176 PREFACE.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
709141176 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
709141176 TABLES.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
709141176 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
709141176 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
709141176 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (601kB) | Preview
709141176 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
709141176 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi di kelas X AK 1 SMK Negeri 1 Stabat T.P 2013/2014 melalui penerapan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction ) dan Kumon. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Stabat T.P 2013/2014 dengan subjek adalah siswa kelas X AK 1 yang berjumlah 39 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar akuntansi siswa. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kuantitatif dan data kualitatif. Dari hasil obervasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I siswa yang masuk dalam kategori aktif sebesar 10 (25,64%) dan dari hasil belajar siswa terdapat 13 orang siswa (33,33%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 70,05. Karena persentase siswa yang aktif belum mencapai indikator keberhasilan klasikal 75% dan ketuntasan belajar siswa juga belum mencapai indikator keberhasilan hasil belajar yaitu 75% maka penelitian ini dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II terdapat 35 orang siswa (89,74%) yang masuk dalam kategori aktif. Sedangkan dari hasil belajar siswa terdapat 34 orang siswa (87,2%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 82,9. Karena aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan, maka penelitian tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar akuntansi siswa antara siklus I dan siklus II yang diperoleh dengan membandingkan nilai thitung 7,17 > ttabel 0,0244. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction ) dan Kumon di kelas X AK 1 SMK Negeri 1 Stabat T.P 2013/2014 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Pra p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran; ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Statisfaction) dan Kumon |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 28 Dec 2016 05:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12962 |