Sinaga, Nenni Lestari (2012) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (ICM) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS SMA NEGERI 1 KOTARIH TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310109 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
708310109 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
708310109 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
708310109 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
0708310109 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
708310109 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
708310109 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
708310109 BAB I.pdf - Published Version
Download (419kB) | Preview
708310109 BAB V.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
708310109 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas XI IS SMA Negeri 1 Kotarih tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kotarih. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Kotarih yang berjumlah 35 orang dan objek penelitian ini adalah Penerapan strategi pembelajaran index card match dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa untuk melihat aktivitas belajar dan tes untuk melihat hasil belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Teknik analisis data, ada dua jenis data yang dikumpulkan yaitu data kualitatif dan data kuantitatif.Dari data hasil observasi terhadap aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 34,29% atau 12 orang untuk kriteria aktif. Sedangkan pada siklus II diperoleh 71,42% atau 25 orang untuk kriteria sangat aktif dan aktif. Selanjutnya dari data nilai hasil belajar siswa pada siklus I jumlah siswa yang tuntas dalam belajar adalah 12 orang (34,28%), sedangkan pada siklus II jumlah siswa tuntas dalam belajar adalah 33 orang siswa (94,28%). Terjadi peningkatan peningkatan 21 orang (60%).Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran index card match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS pada Kompetensi Dasar Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Di SMA Negeri 1 Kotarih TP 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Sin p |
Keywords: | Strategi Pembelajaran Index Card Match; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 28 Dec 2016 05:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12955 |