Kayaci, Akasasi (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS1 SMA AL-HIDAYAH MEDAN T.P 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
708310010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
708310010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
0708310010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
708310010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
708310010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
708310010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
708310010 BAB I.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
708310010 BAB V.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
708310010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
Abstract
Permasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan menerapkan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XII IS1 SMA Al-Hidayah Medan T.P 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Al-Hidayah Medan yang beralamat di Jl. Letda Sujuno Gg. Perguruan No 4 Bandar Selamat Medan Tembung. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IS1 SMA Al-Hidayah Medan dengan jumlah 29 orang. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Make A Match. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar yang berbentuk essay. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data dan penyajian data. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata observasi siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah (17,24%) yang termasuk kategori aktif. Pada siklus II rata – rata observasi aktivitas adalah (86,20%) yang termasuk kategori aktif. Sehingga aktivitas belajar meningkat dari siklus I dan II sebesar 68,96% Selain itu, tes yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 13 orang dari 29 siswa yang mendapat nilai ≥70 atau sebesar ( 44,82%) dan 16 siswa mendapat nilai<70 atau sebesar (55,17%), dengan nilai rata-rata 69,48. pada siklus II siswa yang memperoleh nilai ≥70 sebanyak 27 orang (93,10%) dan siswa yang memperoleh nilai <70 sebanyak 2 orang (6,89%) dengan nilai rata-rata 84,48. Dengan demikian ada peningkatan ketuntasan siswa dalam proses belajar mengajar khususnya dalam bidang akuntansi. Untuk melihat apakah ada hubungan aktivitas dengan hasil belajar maka dilakukan uji korelasi dan dari hasil perhitungan didapat perhitungan uji korelasi di peroleh hubungan antara aktivitas (Variabel X) dengan hasil belajar (Variabel Y) dimana rxy = 0,87 yang berarti menunjukan hubungan positif, artinya apabila aktivitas meningkat maka hasil belajar juga meningkat dan D= 76% menunjukkan bahwa kenaikan hasil belajar ditentukan oleh aktivitas 76%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Make A Match. dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi pada standar kompetensi Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang siswa kelas XII IS SMA Al-Hidayah Medan T.P 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Kay p |
Keywords: | Model Pembelajaran Make A Match; Aktivitas; Hasil Belajar Akuntansi Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 28 Dec 2016 04:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12948 |