Nuriah, Fany (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS MADRASAH ALIYAH SWASTA PPM BABUSSALAM TANJUNG PURA T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114132 COVER.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
708114132 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
708114132 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
708114132 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
0708114132 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
708114132 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
708114132 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
708114132 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
708114132 BAB I.pdf - Published Version
Download (540kB) | Preview
708114132 BAB V.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
708114132 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar Akuntansi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah Swasta PPM Babussalam Tanjung Pura Tahun Ajaran 2011/2012 dengan menggunakan kolaborasi model pembelajaran Think Pair Share dan Snowball Throwing.Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Swasta PPM Babussalam Tanjung Pura. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS dengan jumlah 34 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Think Pair Share dan Snowball Throwing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan pada setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan test dan lembar observasi aktivitas. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data dan penyajian data.Data hasil observasi aktivitas belajar siswa menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 55,9%. Pada siklus I hanya 13 orang atau 38,2% siswa yang aktif yakni dengan kriteria keaktivan Baik dan Sangat Baik. Dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 32 orang atau 94,1% siswa yang aktif yakni dengan kriteria keaktivan Baik dan Sangat Baik. Selanjutnya nilai hasil belajar siswa, dari analisis data pretest diperoleh jumlah siswa yang tuntas 7 orang (20,6%) dengan nilai rata-rata 49,26. Pada siklus I terdapat 16 orang (47,1%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 62,5. Pada siklus II siswa yang tuntas dalam belajar menjadi 29 orang (85,3%) dengan nilai rata-rata 75. Dengan demikian, ada peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 38,2%.Berdasarkan analisis di atas disimpulkan bahwa kolaborasi model pembelajaran Think Pair Share dan Snowball Throwing pada kompetensi dasar Membuat Ikhtisar Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa yakni untuk materi Jurnal Penyesuaian di kelas XI IPS Madrasah Aliyah Swasta PPM Babussalam Tanjung Pura Kab. Langkat - Sumatera Utara Tahun Ajaran 2011/2012 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Akuntansi siswa. Hal ini berarti bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Think Pair Share dan Snowball Throwing dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran Akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Nur p |
Keywords: | Model Pembelajaran Think Pair Share; Model Pembelajaran Snowball Throwing; Aktivitas; Hasil Belajar siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 23 Dec 2016 04:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12943 |