Tarigan, Monica Afriani (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA DI KELAS XI AK SMK BM TAMAN SISWA LUBUK PAKAM T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310100 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
708310100 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
708310100 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
708310100 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
0708310100 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
708310100 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
708310100 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
708310100 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
708310100 BAB I.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
708310100 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
708310100 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Ak. SMK BM Taman Siswa Lubuk Pakam T.A 2011/2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan Talking Stick T.A 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Taman Siswa Lubuk Pakam jalan Kartini No. 1 Lubuk Pakam. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI Akuntansi yang berjumlah 29 orang, dan objek dalam penelitian ini adalah Penerapan kolaborasi model pembelajaran Think Pair Share denganTalking Stick Untuk Meningkatkan aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus di mana, dalam tiap siklus terdiri dalam 4 tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah melalui tes hasil belajar dan lembar observasi untuk pengamatan aktivitas belajar siswa selama kegiatan belajar berlangsung. Adapun teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Dari data hasil observasi terhadap aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II. Dalam siklus I hanya 10 orang (34,49%) siswa yang kriteria aktif dan sangat aktif, sedangkan dalam siklus II aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu 21 orang (72,43%) siswa kriteria aktif dan sangat aktif. Selanjutnya dari nilai hasil belajar siswa pada siklus I jumlah siswa yang tuntas dalam belajar adalah 15 orang siswa (51,72%) dengan rata-rata nilai 68,31, sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tunta dalam belajar 24 orang siswa (82,75) dengan rata-rata nilai 78,17. Berarti ada peningkatan hasil belajar siswa dari Siklus I ke hasil tes siklus II sebesar 31,03 % dengan rata-rata nilai 9,86 poin. Dari hasil peneltian diperoleh adanya hubungan aktivitas dan hasil belajar dengan hasil rxy = 0,8226 dan D 67,67%. Hasil analisis data hasil belajar dari siklus I dan siklus II diperoleh dengan uji t (thitung =4,31 dan ttabel=.2,00), menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara siklus I dan siklus II. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntani siswa di kelas XI Akuntansi pada kompetensi dasar mengelolah kartu aktiva tetap di SMK BM Taman Siswa Lubuk Pakam T.A 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Tar p |
Keywords: | Kolaborasi Think Pair Share dengan Talking Stick; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 23 Dec 2016 03:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12940 |