Lestari, Ayu (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DAN STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI-IPS SMAN 1 HINAI LANGKAT T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114069 COVER.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
708114069 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
708114069 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
708114069 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
0708114069 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
708114069 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
708114069 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
708114069 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
708114069 BAB I.pdf - Published Version
Download (574kB) | Preview
708114069 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
708114069 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI-IPS SMAN 1 Hinai Langkat T.A 2011/2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray dan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing di kelas XI-IPS SMAN 1 Hinai Langkat T.A 2011/ 2012. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Hinai Langkat pada semester genap Tahun Ajaran 2011/2012 dengan subjek siswa kelas XI-IPS-1 yang berjumlah 40 siswa dan objek penelitian adalah penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencaaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui lembar observasi aktivitas siswa dan test hasil belajar akuntansi. Sedangkan teknik analisis data melalui reduksi data dan penyajian data. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata observasi aktivitas siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 18,7 yang termasuk dalam kriteria Cukup. Pada siklus II rata-rata observasi aktivitas adalah 22,3 ≈ 22 yang termasuk dalam kriteria Baik. Sedangkan tes hasil belajar siswa yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu 24 siswa (60%) yang tuntas belajar pada siklus I menjadi 35 siswa (87,5%) pada siklus II. Sebagai indicator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 70% siswa memperoleh nilai ≥70. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi laporan perusahaan jasa di kelas XI-IPS-1 SMAN 1 Hinai Langkat Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Les p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; model pembelajaran Two Stay Two Stray; strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 23 Dec 2016 03:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12937 |