Sinuraya, Rika Netika (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) DENGAN COURSE RIVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK BM PENCAWAN MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
0708114235 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
0708114235 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
708114235 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
708114235 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (511kB) | Preview
0708114235 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
708114235 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
0708114235 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
708114235 BAB I.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
708114235 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
708114235 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar dan hasil belajar akuntansi siswa serta hubungan minat dan hasil belajar melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dengan Course Riview Horay di kelas X AK di SMK BM pencawan Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Pencawan Medan pada semester ganjil Tahun Pembelajaran 2011/2012 dengan subjek siswa kelas X AK yang berjumlah 28 siswa dan objek penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dengan Course Riview Horay untuk meningkatkan minat dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan angket untuk mengetahui minat belajar akuntansi siswa. Sedangkan analisis data terdiri dari reduksi data dan sajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa, pada siklus I 3 siswa (10,72%) siswa untuk criteria sangat berminat, 14 siswa (50%) siswa untuk criteria berminat, dan 11 siswa (39,28%) siswa untuk criteria cukup berminat. Selanjutnya pada Siklus II mengalami peningkatan yaitu 17 siswa (60,71%) siswa untuk criteria sangat berminat, 10 siswa (35,75%) siswa untuk criteria berminat, dan 1 siswa (3,57%) siswa untuk criteria cukup berminat. Sedangkan hasil tes yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 17 siswa (60,71%) yang tuntas belajar pada siklus I menjadi 24 siswa (85,71%) pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dengan Course Riview Horay di kelas X Akuntansi SMK BM Pencawan Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012 dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa kolaborasi model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Sin p |
Keywords: | Minat belajar; Hasil Belajar; Kolaborasi Model Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dengan Course Riview Horay |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 23 Dec 2016 03:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12934 |