Sianipar, Missi Melda (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN TAPPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS SMA SWASTA TELADAN CINTA DAMAI MEDAN T.P. 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114200 COVER.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
708114200 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
708114200 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
708114200 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
0708114200 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
708114200 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
708114200 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
708114200 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
708114200 BAB I.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
708114200 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
708114200 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XI IS dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Mind Mapping dan TAPPS di SMA Swasta Teladan Cinta Damai Medan T.P. 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Teladan Cinta Damai Medan yang beralamat di Jl. Pendidikan No. 62 Cinta Damai Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012 dengan subjek penelitian kelas XI IS yang berjumlah 32 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kolaborasi model pembelajaran Mind Mapping dan TAPPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah essay test diberikan secara individual yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Observasi aktivitas belajar siswa dilakukan secara langsung pada saat proses kegiatan belajar mengajar dan teknik analisis data menggunakan reduksi data dan sajian data. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh kelulusan secara klasikal adalah 66,18% dan pada siklus II kelulusan secara klasikal adalah 72,43%, menunjukkan terjadi peningkatan kelulusan secara klasikal sebesar 6,25%. Dari hasil lembar observasi aktivitas siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I terdapat 11 orang (34,37%) siswa yang dikategorikan aktif. Sedangkan pada siklus II terdapat 17 orang (53,12%) siswa yang dikategorikan aktif dan sangat aktif. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa kolaborasi model pembelajaran Mind Mapping dan TAPPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS SMA Swasta Teladan Cinta Damai Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Sia p |
Keywords: | Kolaborasi Model Pembelajaran Mind Mapping dan TAPPS; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar Akuntansi Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 23 Dec 2016 03:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12933 |