Sitanggang, Sinar Masriani (2012) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114257 COVER.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
708114257 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
708114257 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
708114257 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
708114257 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
708114257 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
708114257 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
708114257 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
708114257 BAB I.pdf - Published Version
Download (462kB) | Preview
708114257 BAB V.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
708114257 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi dengan menggunakan Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dengan Pendekatan Kontekstual di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.A.2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan yang terletak di Jl. Irian Barat Sampali, Deli Serdang tahun ajaran 2011/2012. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 34 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah essay test yang diambil dari buku paket siswa. Observasi aktivitas belajar siswa dilakukan secara langsung pada saat proses belajar mengajar dengan menggunakan Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dengan Pendekatan Kontekstual. Berdasarkan hasil analisis data, terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus I hanya rata-rata 32,34% menjadi 76,46% pada siklus II. Dari hasil analisis tersebut, peningkatan aktivitas sebesar 44,12%. Sedangkan hasil tes yang dilaksanakan, terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 34 siswa hanya 15 siswa (44,12%) yang tuntas belajar pada siklus I menjadi 26 siswa (76,47%) pada siklus II, berarti meningkat sebesar 32,35% Sebagai indikator ketuntasan belajar klasikal ditetapkan 70% siswa memperoleh nilai >75. Berdasarkan uji signifikan, terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siklus I dan siklus II dimana thitung = 4,18 > ttabel = 1,998.Dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dengan Pendekatan Kontekstual pada kompetensi dasar membuat ikhtisar siklus akuntansi perusahaan jasa di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2011/2012 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dengan Pendekatan Kontekstual dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Sit u |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Numbered Head Together, Pendekatan Kontekstual |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 23 Dec 2016 03:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12929 |