Khadijah, Siti (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN POLA TUTORIAL SEBAYA DENGAN TWO STAY-TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKT 1 SMK SWASTA NUR AZIZI TANJUNG MORAWA TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114260 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
708114260 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
708114260 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
708114260 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
0708114260 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
708114260 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
708114260 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
708114260 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
708114260 BAB I.pdf - Published Version
Download (596kB) | Preview
708114260 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
708114260 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran pola tutorial sebaya dengan two stay-two stray di kelas XI AKT 1 SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa pada Tahun Ajaran 2012/2013. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI AKT 1 yang berjumlah 36 orang dan objek penelitan adalah kolaborasi model pembelajaran pola tutorial sebaya dengan two stay-two stray. Prosedur yang digunkan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan observasi. Tes yang digunakan adalah essay tes. Observasi aktivitas belajar siswa dilakukan secara langsung pada saat proses belajar mengajar.Penerapan kolaborasi model pembelajaran pola tutorial sebaya dengan two stay-two stray sebesar 81,25% dalam 6 kali pertemuan (2 siklus). Berdasarkan analisis data terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh 21 orang (58,33%) untuk kriteria baik dan sangat baik. Sedangkan pada siklus II diperoleh atau 29 orang (80,56%) untuk kriteria baik dan sangat baik. Sehingga aktivitas belajar meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 22,23%. Selanjutnya tes yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 23 orang (63,89%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 73,47. Pada siklus II yang tuntas sebanyak 30 orang (83,33%) dengan nilai rata-rata sebesar 83,75. Jadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 19,44%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran pola tutorial sebaya dengan two stay-two stray dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi Kelas XI AKT 1 SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Kha p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Hasil belajar; Model Pembelajaran Pola Tutorial Sebaya; Model Pembelajaran Two Stay-Two |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 23 Dec 2016 03:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12926 |