Ridho, Syafrul (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IS 4 SMA N 1 KISARAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310159 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
708310159 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
708310159 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
708310159 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
0708310159 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
708310159 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
708310159 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
708310159 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
708310159 BAB I.pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
708310159 BAB V.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
708310159 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IS 4 T.A 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan model pembelajaran Rotating Trio Exchange di kelas XII IS 4 SMA N 1 Kisaran Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Kisaran yang beralamat di Jl. Sisingamangaraja Kecamatan Kisaran Timur, Kabupaten Asahan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IS 4 SMA N 1 Kisaran berjumlah 40 orang, dan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Rotating Trio Exchange untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui lembar observasi aktivitas siswa dan test hasil belajar akuntansi. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh rata-rata observasi aktivitas siswa yang dilaksanakan pada siklus I adalah 37,5% yang termasuk dalam kriteria Cukup. Pada siklus II rata-rata observasi aktivitas adalah 75% yang termasuk dalam kriteria Aktif. Dari hasil analisis data diperoleh data test sebelum penerapan dengan ketuntasan sebesar 12,5% dengan nilai rata-rata 62,75 sedangkan pada siklus I jumlah ketuntasan siswa sebesar 32,5% dengan nilai rata-rata 69 atau terjadi peningkatan sekitar 20 % siswa yang tuntas dan 6,25 poin untuk nilai rata-rata. Dan pada siklus II jumlah ketuntasan siswa menjadi 90% dengan nilai rata-rata 81,5 atau mengalami peningkatan sebesar 57,5% siswa yang tuntas dan 12,5 poin untuk nikai rata-rata dari siklus I. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Rotating Trio Exchange dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XII IS 4 SMA N 1 Kisaran Tahun Ajaran 2012/2013 pada kompetensi dasar Mencatat Transaksi/Dokumen ke Dalam Jurnal Khusus pada Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Rid p |
Keywords: | Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange; Aktivitas; Hasil Belajar Akuntansi Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 23 Dec 2016 03:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12925 |