Siregar, Marlina C. (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS SMA PARULIAN 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114186 COVER.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
708114186 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
708114186 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
708114186 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
0708114186 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
708114186 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
708114186 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
708114186 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
708114186 BAB I.pdf - Published Version
Download (559kB) | Preview
708114186 BAB V.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
708114186 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS SMA Parulian 1 Medan”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Make a Match dengan Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS SMA Parulian 1 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IS SMA Parulian 1 Medan.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS dengan jumlah 40 orang dan objek penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Make a Match dengan Think Pair Share untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa dan tes untuk melihat hasil belajar siswa. Adapun teknik analisa data dengan menggunakan reduksi data, paparan data dan menarik kesimpulan. Dari hasil analisis diperoleh data pretes sebagai hasil belajar awal siswa yaitu 17 atau 42,50% siswa yang tuntas. Data postes siklus I jumlah siswa yang tuntas adalah 25 atau 62,50%. Berarti ada peningkatan hasil belajar siswa sebesar 20 %. Sedangkan postes siklus II jumlah siswa yang Tuntas belajar adalah 35 atau 87,50% berarti ada peningkatan hasil belajar siswa data postes siklus I ke postes siklus II sebesar 25%. Hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan peningkatan aktivitas siswa sebesar 17,5%. (Siklus I 57,50% sedangkan siklus II 75%). Untuk melihat apakah ada hubungan aktivitas dan hasil belajar maka dilakukan uji korelasi dan dari hasil perhitungan didapatkan perhitungan uji korelasi diperoleh hubungan antara aktivitas (Variabel X) dengan hasil belajar (Variabel Y) dimana r_xy = 0,7116 dan rtabel dengan n =40 adalah 0,312 sehingga rhitung > rtabel (0,7116 > 0,312) yang berarti menunjukkan hubungan yang positif, artinya jika aktivitas tinggi maka hasil belajar juga akan tinggi sebesar 0,7116. Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Make a Match dengan Think Pair Share pada kompetensi dasar memahami siklus akuntansi perusahaan dagang di kelas XI IS SMA Parulian 1 Medan Tahun Pembelajaran 2011/2012 membuktikan peningkatan hasil belajar yang signifikan. Hal ini berarti bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Make a Match dengan Think Pair Share dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Sir p |
Keywords: | Kolaborasi Model Pembelajaran Make a Match dan Think Pair Share; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 21 Dec 2016 06:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12917 |