Siregar, Elisabet R. (2012) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK SMK BM TAMAN SISWA TEBING TINGGI TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
708114113 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
708114113 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
708114113 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
708114113 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
0708114113 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
708114113 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
708114113 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
708114113 BAB I.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
708114113 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
708114113 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan Jigsaw di kelas X Akuntansi SMK BM Tamansiwa Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di SMK BM Tamansiswa Tebing Tinggi yang beralamat di Jl. Deblod Sundoro No. 9 Tebing Tinggi pada semester ganjil Tahun Pembelajaran 2011/2012. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Auntansi yang berjumlah 30 siswa dan objek penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan Jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Sedangkan analisis data terdiri dari reduksi data dan sajian data.Dari hasil analisi data diperoleh hasil persentase nilai pretest siswa yang tuntas adalah 30 % dengan rata-rata nilai 63,33, sedangkan siklus I sebesar 43,33 % dengan rata-rata 68 dan hasil observasi aktivitas yaitu 3,33 % dari jumlah siswa untuk kriteria tidak tuntas, 13,33 % untuk kriteria belum tuntas, 36,67 % untuk kriteri cukup aktif, 46,67 % untuk criteria baik. Pada siklus II diperoleh peningkatan hasil ketuntasan yaitu menjadi 73,33 % dengan rata-rata 74,83 dan data hasil observasi aktivitas yaitu 26,67 % untuk kriteria cukup aktif, 63,33 % untuk criteria baik dan 10 % untuk criteria sangat baik.Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan Jigsaw di kelas X Akuntansi SMK BM Tamansiswa Tebing Tinggi Tahun Pembelajaran 2011/2012 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa kolaborasi model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 Sir p |
Keywords: | Aktivitas belajar; Kolaborasi Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan Jigsaw |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 21 Dec 2016 05:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/12915 |